Monday, November 16, 2015

Mobil sport rotary terbaru Mazda RX-9 ditenagai twin turbo



Setiap kali tersiar kabar tentang mobil sport terbaru buatan Mazda, rasa penasaran selalu menghantui para penggemar mobil sport. Pasalnya, selama ini mobil-mobil sport besutan Mazda selalu ditenagai dengan mesin rotary. Tengok saja sang juara Le Mans Mazda 787B, kemudian si legendaris Mazda RX-7, Mazda Cosmo, juga mobil yang fun tapi ringkih Mazda RX-8.

Kabar akan diluncurkannya mobil sport terbaru dari Mazda, belum lama ini dirilis oleh sebuah media di Australia. Konon mobil tersebut merupakan generasi penerus RX series yang diberi nama Mazda RX-9. Dengan masih belum meninggalkan kebiasaan lama, 2 mesin rotor disematkan oleh Mazda dengan spesifikasi 800 cc untuk setiap mesinnya, sehingga total kapasitas mesin yang dimiliki sebesar 1.600 cc.

Sebagai generasi terbaru dari RX series, mesin yang diusung RX-9 memiliki diferensiasi dan kesamaan dengan mesin yang dipakai Mazda RX-7 yakni mesin 13B-REW. Kesamaannya terdapat pada penggunaan 2 turbo. Hanya saja, jika RX-7 menggunakan turbo konvensional, sedang RX-9 menggunakan dua jenis turbo, yakni turbo konvensional dan turbo elektrik, dengan total tenaga yang dihasilkan mencapai 450 hp.

Bukan tanpa alasan jika Mazda menyematkan turbo pada mobil sportnya. Penggunaan mesin turbo tersebut bertujuan untuk mengatasi kekurangan dari mesin rotary yang cenderung melemah pada torsi bawah – menengah. Pada putaran bawah, turbo elektrik akan bekerja guna membantu mobil berakselerasi, dan disaat putaran semakin tinggi, tugas akan diambil alih oleh turbo konvensional agar kecepatan mobil semakin kencang.

Mazda RX-9 tersebut menurut rencana akan menjadi salah satu mobil konsep yang akan dipamerkan di ajang Tokyo Motor Show 2015. Namun, kapan saatnya masuk ke jalur produksi, hingga kini masih belum ada informasi resmi dari pihak Mazda. Hanya saja, kuat dugaan akan diproduksi secara massal pada tahun 2017, bertepatan dengan peringatan setengah abad mesin rotary.

No comments:

Post a Comment